Judul Buku
Bahasa Indonesia
Isi Buku
Pengembangan buku ini bertolak dari Kurikulum 2013 yang direvisi. Berdasarkan kurikulum tersebut, tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan pada pengembangan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik melalui kegiatan mendengarkan (listening), membaca (reading), memirsa (viewing), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Pengembangan kompetensi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk berkomunikasi dalam kehidupan bermasyarakat secara cerdas, santun, dan bermartabat melalui penguasaan, pemahaman, dan keterampilan menggunakan teks, baik lisan maupun tulis. Untuk mendukung tujuan tersebut maka pembelajaran kompetensi berbahasa, bukan hanya pada penguasaan tentang bahasa namun juga pada penggunaan bahasa secara lisan dan tulis dalam konteks sosial-budaya.
Pembelajaran kompetensi bersastra, bukan hanya pada kegiatan mengapresiasi, tetapi juga berekspresi dan berkreasi sastra sesuai dengan potensi peserta didik. Selain itu, pada pengembangan kompetensi ini dilengkapi pula dengan aktivitas literasi yang menuntun peserta didik di SMA/MA atau SMK/MAK untuk dapat membaca paling sedikit 18 judul buku, namun bukan buku teks pelajaran. Dengan demikian, pada saat peserta didik belajar di Kelas X harus dapat membaca paling sedikit 6 judul buku.
Buku-buku yang dimaksud adalah buku-buku pengayaan pengetahuan, pengayaan keterampilan, atau pengayaan kepribadian, baik iksi (kumpulan puisi, kumpulan cerpen, novel, drama) maupun buku noniksi (biograi, otobiograi, buku motivasi, petuah, atau buku panduan beribadah). Penyajian materi pembelajaran pada buku Bahasa Indonesia inimenggunakan teks dalam konteks sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan fungsi komunikasi. Oleh karena itu, untuk mencapai kompetensi berbahasa dan bersastra yang diharapkan peserta didik diajak untuk mengikuti tahapan belajar secara ilmiah (scientiic) atau dengan tahapan pedagogik.
Pembelajaran dimulai dari pemahaman teks yang dipandang memiliki kekhasan cara pengungkapan struktur retorika, isi, dan penggunaan unsur kebahasaan. Selanjutnya, peserta didik diajak untuk melakukan pemodelan dan ndekonstruksi. Aktivitas berikutnya adalah mengkonstruksi teks, baik dengan bantuan teman maupun guru. Namun, pada akhirnya, peserta didik harus dapat mengkonstruksi secara mandiri. Materi yang akan dipelajari di kelas X SMA/MA atau SMK/MAK terdiri atas: (1) Laporan Hasil Observasi; (2) Eksposisi; (3) Anekdot; (4) Cerita Rakyat; (5) Negosiasi; (6) Berdebat; (7) Biograi; dan (8) Puisi. Selain itu, peserta didik diharapkan dapat melaporkan buku yang dibaca secara terprogram. Sekaitan dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia dan cara penyajian buku ini, maka peserta didik diharapkan dapat mengikuti tahap-tahap belajar sebagaimana disajikan dalam buku ini. Namun, sangat dimungkinkan Bapak/Ibu guru engembangkan pembelajaran secara kreatif disesuaikan denganmateri, karakteristik sosial, dan kemampuan peserta didik. Oleh karena itu,sebaiknya peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dan tahap- tahap belajar sebagaimana yang diarahkan oleh Bapak/Ibu guru agar dapatmemiliki kompetensi berbahasa dan bersastra yang menjadi tujuan belajar.
Pengembangan buku ini mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada para penelaah, yaitu: Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo (Universitas Atmajaya); Prof. Dr. Hasanuddin W.S. (Universitas Negeri Padang); Prof. Dr.Rapi Tang, M.S. (Universitas Negeri Makassar); Dr. Felicia N. Utorodewo, M.Si.(Universitas Indonesia); Dr. Dwi Purnanto (Universitas Sebelas Maret); dan Dr. Liliana Muliastuti (Universitas Negeri Jakarta). Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Mohamad Hamka, M.Si. yang telah memberi masukan dalam pengembangan Kompetensi Dasar ke dalam buku teks pelajaran.
Kompetensi
SEMUA
Kelas
X
Penerbit
KEMENDIKBUT RISTEK
Pengarang
uherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, Istiqomah
Tahun Cetak
2017
Jml Stok
100
Admin/Input Data
admin
Tgl Upload
15/May/2025